Beda Tumor dan Kanker


loading...
loading...

Kanker dan Tumor, apakah berbeda?
Masih banyak orang yang berpikir bahwa kanker dan tumor merupakan hal yang sama. Tumor bisa bersifat kanker (cancerous), tapi tidak berarti keduanya adalah sinonim.
Tumor vs Kanker
Tumor dan kanker merupakan dua hal yang berbeda. Tumor adalah lesi (neoplasma) atau pembengkakan yang disebabkan oleh inflamasi ataupun pertumbuhan sel tubuh yang tidak normal. Pembengkakan yang dimaksud bisa berupa benjolan padat atau keras pada tubuh.
Dalam pertumbuhannya, tumor dapat dibagi menjadi dua, yaitu: tumor jinak (benign tumor) dan tumor ganas (malignant tumor). Tumor ganas inilah yang biasa dikenal dengan kanker, yaitu ketika pertumbuhan sel abnormal menjadi tidak terkendali dan terus menyebar dalam tubuh.

Tidak semua tumor bersifat kanker
Penting bagi kita untuk mengetaui bahwa tidak semua tumor bersifat kanker atau ganas. Ada jenis tumor yang jinak (benign) yang pertumbuhannya terbatas hanya pada bagian tubuh tertentu. Sebuah tumor menjadi kanker ketika pertumbuhannya mengganas dan tak terkendali. Ini berarti pertumbuhan abnormal primer bisa melahirkan beberapa pertumbuhan abnormal sekunder yang menginvasi bagian-bagian vital lainnya dalam tubuh dan menyebar kemana-mana.
Begitu pula halnya dengan kanker, yang tidak selalu diawali dengan pertumbuhan tumor. Misalnya saja kanker darah, dimana tak ada tumor yang terlibat sebelumnya.
Penanganan tumor dan kanker
Pengobatan dan penanganan terhadap tumor dan kanker juga berbeda. Tumor jinak biasanya tidak mengancam nyawa dan dapat disembuhkan dengan mengangkat sel tumor tersebut. Sedangkan untuk kanker atau tumor ganas, opsi penanganannya antara lain:
-operasi (pengangkatan sel-sel kanker),
-kemoterapi (penggunaan bahan kimia untuk membunuh sel-sel kanker), dan
-terapi radiasi / radioterapi (penggunaan radiasi berenergi tinggi untuk memperkecil tumor dan membunuh sel-sel kanker dengan cara merusak DNA-nya).
Oleh karena itu, pada saat pertama kali diketahui keberadaan tumor, sangat penting untuk diketahui apakah pertumbuhannya bersifat jinak atau ganas.
(sumber : webkesehatan com)