Friday, May 22, 2015

Fakta Kesehatan Tentang Vitamin C

Loading...
Loading...

Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kerusakan pada tubuh yang diakibatkan oleh lingkungan, membantu menyembuhkan luka, dan melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu.

Meski vitamin C sudah sangat familiar bagi banyak orang, namun masih ada fakta-fakta penting yang jarang diketahui tentang vitamin ini. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini, seperti dilansir oleh Care2 (19/04).

1. Buah yang paling banyak mengandung vitamin C


Bicara tentang vitamin C yang ada di pikiran Anda pastilah buah-buahan sitrus seperti jeruk atau lemon. Padahal sebenarnya masih banyak buah dan sayur yang mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan jeruk dan lemon, antara lain paprika, pepaya, kale, brokoli, dan lainnya.

2. Segelas jus jeruk sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C sehari


Tak perlu bingung untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sehari-hari. Penelitian mengungkap bahwa segelas jus jeruk segar mengandung setidaknya 124 mg vitamin C. Jumlah ini sudah melebihi kebutuhan vitamin C orang dewasa dalam sehari. Untuk pria kebutuhan vitamin C sehari adalah 90 mg sementara untuk wanita 75 mg.

3. Kadar vitamin C turun jika disimpan

Berdasarkan keterangan ahli di University of Maryland Medical Centre, memasak dan menyimpan makanan yang mengandung vitamin C dalam waktu yang lama bisa mengurangi kadar vitamin C di dalamnya. Untuk itu, sangat baik mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C ketika masih segar dan mentah.

4. Vitamin C pengaruhi berat badan


Jangan kita vitamin C hanya berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga berpengaruh terhadap berat badan. Penelitian di Arizona State university mengungkap bahwa kekurangan vitamin C pada aliran darah bisa mempengaruhi kemampuan tubuh membakar lemak. Orang yang kebutuhan vitamin C-nya terpenuhi bisa membakar lemak hingga 30 persen lebih banyak dibandingkan mereka yang kekurangan vitamin C.

5. Melindungi kulit

Tak hanya vitamin E saja yang baik untuk kesehatan kulit. Sebuah penelitian dari Swedia yang diterbitkan dalam jurnal Acta Derm Venerol juga mengungkap bahwa vitamin C juga efektif untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Terutama jika dipadukan dengan vitamin E.

6. Berhenti merokok


Orang yang merokok berkemungkinan lebih tinggi untuk mengalami kekurangan vitamin C. Hal ini disebabkan oleh radikal bebas oleh asap rokok. Rokok akan membuat tubuh menggunakan lebih banyak vitamin C dan lebih cepat. Dengan begitu perokok akan lebih rawan untuk mengalami kekurangan vitamin C.

Itulah beberapa fakta menarik seputar vitamin C yang jarang diketahui oleh banyak orang. Sekarang Anda bisa mengenali vitamin C dengan lebih baik
Loading...
Back To Top