Thursday, May 14, 2015

Ini Pewarna Hijau yang Aman dikonsumsi

Loading...
Loading...

Belakangan ini banyak jajanan  yang menggunakan pewarna tekstil untuk mendapatkan warna yang menarik dan tentunya itu sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh. Selain meresahkan, tentunya hal ini membuat Anda sebagai orang tua dan konsumen takut dengan kehigienisan dan kesehatan yang dikandung oleh makanan yang dijual dengan pewarna makanan yang tidak alami tersebut. Malah bahayanya, pewarna tekstil dapat membahayakan kesehatan. Anda tidak mau bukan, ingin kenyang namun berujung berbaring pada rumah sakit karena makanan yang Anda beli tidak sehat dan malah membahayakan Anda. Tapi sebenarnya sangat mudah untuk mendapatkan pewarna alam, salah satunya adalah bayam yang kaya dengan kandungan zat besi. Ternyata makanan ini juga bisa dijadikan bahan pewarna alami.

Bayam dapat menghasilkan warna hijau yang alami dan cara membuatnya pun cukup mudah. Rendam bayam dalam air mendidih dan menggunakan penyaring makanan selama satu menit, angkat,  lalu keringkan. Kemudian haluskan dengan blender. Terakhir saring bubur bayam ini kemudian jadikan sarinya sebagai bahan pewarna. Tidak perlu berlama-lama untuk mencelupkan bayam pada air panas, agar warna hijaunya tidak jelek. Cukup satu menit dan lakukan langkah-langkah di atas. Warna bayam yang direndam dalam air mendidih sebaiknya tidak perlu sampai layu. Bila terlalu matang, sari warna yang dihasilkan tidak akan menarik bahkan jadi hitam.

Anda dapat menyiapkan timer pada ponsel Anda atau jam untuk patokan agar pengepasan waktunya pun tepat. Setelah jadi, warna hijau dapat digunakan untuk menambah warna pada makana seperti kue-kue jajan pasar yang tentunya agar lebih menarik perhatian pembeli.
Loading...
Back To Top