Jangan Abaikan Keluhan Keluhan Sakit Berikut


loading...
loading...

Kita kerap mengabaikan keluhan sakit di tubuh dengan beragam alasan. Mungkin karena dianggap tak terlalu mengganggu sehingga keluhan ini tak dianggap penting. Namun Houman Danesh, dokter dan spesialisasi nyeri dari Mt. Sinai Hospital, New York, Amerika Serikat, menganjurkan agar tak mengabaikan rasa sakit itu. Dia bahkan menjelaskan bagaimana mengenali rasa sakit yang sebaiknya tidak disepelekan dan segera diambil tindakan. Keluhan seperti apa yang sepatutnya tak diabaikan, dan secepatnya diambil tindakan? Berikut rangkumannya seperti dilansir Today.com:

1. Sakit perut

Mulai waspada jika sering mengalami sakit perut di bagian tengah lalu secara bertahap bergerak ke kanan sebab bisa jadi itu gejala usus buntu. Usus buntu jika sampai pecah, maka bakteri yang keluar bisa masuk ke dalam aliran darah dan menginfeksi tubuh.

2. Sakit gigi

Gigi yang meradang jangan dibiarkan, karena bisa mengganggu saraf. Segera ke dokter gigi untuk mengetahui penyebabnya.

3. Nyeri punggung 

Sakit di bagian punggung diikuti demam dan mual, juga jangan diabaikan, sebab bisa jadi itu gejala sakit ginjal. Bakteri yang menyusup ke saluran kemih lalu ke ginjal. Apabila hal ini dibiarkan, bisa menimbulkan infeksi parah. Jangan membiasakan diri minum antibiotik untuk mengatasinya, melainkan segeralah ke dokter. Infeksi ginjal yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan kematian.

4. Nyeri betis 

Jika merasakan sakit dibagian kaki, jangan sepelekan, apalagi kalau sampai muncul memar dan terasa hangat saat disentuh. Sebab itu bisa jadi pertanda deep vein thrombosis (DVT), yakni darah yang menggumpal pada pembuluh vena. Jika sakit dibiarkan, gumpalan darah bisa bertambah besar dan pecah. Efeknya bisa menghentikan aliran darah dan risiko terserang stroke.

5. Sakit kala haid 

Sakit perut bulanan umumnya diatasi oleh perempuan dengan minum obat-obatan. Padahal, sakit perut menstruasi apalagi jika sampai diikuti kram bisa jadi gejala penyakit endometriosis. Penyakit ini, jika tidak segera ditangani bisa menghambat kesuburan. Sekitar 40 persen sampai 60 persen perempuan umumnya mengalami nyeri perut saat menstruasi, biasanya karena endometriosis.

6. Nyeri tulang belikat 

Sekitar 30 persen orang yang mengalami serangan jantung ditandai dengan nyeri di antara tulang belikat. Rasa sakit lalu biasanya diikuti nyeri rahang, sesak napas dan mual. Jika merasakan sakit ini, jangan sepelekan dan segera ambil tindakan.

7. Sakit kepala 

Sering sekali sakit kepala dianggap sepele, padahal sakit kepala yang datang tiba-tiba bisa jadi awal gejala aneurisma, yakni kelainan pembuluh darah otak yang muncul akibat penipisan dan degenerasi dinding pembuluh darah arteri. Penyakit ini, jika tidak segera ditangani bisa menimbulkan kematian. Jadi, jangan sepelekan sakit kepala yang diikuti rasa mual dan sensitif terhadap suara dan cahaya.

Semoga bermanfaat