Khasiat Raspberry Untuk Kesuburan Pria


loading...
loading...
Studi baru menemukan raspberry sangat baik buat pria yang ingin menjadi ayah. Buah jenis berry ini mengandung vitamin C tingkat tinggi, nutrisi penting bagi kesuburan pria, dan magnesium yang terlibat dalam produksi testoteron. Para peneliti Amerika Serikat berpendapat, raspberry dapat melindungi sperma dari “stres oksidatif”.

Studi yang digelar Department of Lawrence Berkeley National Laboratory AS menemukan: pria berusia 44 tahun lebih yang mengasup makanan kandungan tinggi vitamin C itu, 20 persen kurang cenderung mengalami kerusakan sperma DNA dibandingkan pria yang tidak makan buah tersebut. Temuan ini juga mencuatkan pemikiran bahwa antioksidan dalam buah dapat menurunkan keguguran setelah pembuahan atau konsepsi.

“Raspberry memberikan nutrisi penting yang dikenal dapat meningkatkan kesuburan pria dan perempuan,” ujar Juliet Wilson, ahli gizi kesuburan, seperti dikutip Daily Mail, Minggu (25/8).

Sebuah penelitian terbaru di AS menemukan bahwa pria 44 tahun lebih yang paling tinggi mengasup vitamin C—terkandung dalam makanan seperti raspberry, brokoli dan kentang–20 persen lebih kurang mengalami kerusakan sperma DNA daripada pria yang tidak makan makanan tersebut.

Juliet Wilson, ahli gizi kesuburuan terkemuka Inggris mengatakan bahwa satu bagian raspberry menyumbang jumlah vitamin C yang setara dengan makan 173 buah anggur.

“Raspberry belum diberi ‘pengakuan makanansuper’ dibandingkan berry lain, tetapi mereka dikaruniai nutrisi yang sebanding, yang tidak boleh diabaikan,” ujar Wilson. “Di samping banyak manfaat kesehatan, raspberry adalah penganan sempurna untuk pasangan yang sedang mencoba pembuahan.”

Raspberry juga sumber asam folat yang baik, yang dikenal sangat penting dalam tahap kunci kesuburan perempuan dan perkembangan embrio awal.

Juliet menambahkan, bukan vitamin dan mineral dalam raspberry saja yang bermanfaat di kamar tidur. Berry juga membantu menjaga berat badan yang sehat, yang jadi kunci untuk menyeimbangkan hormon seks dan meningkatkan kemungkinan hamil.

Kadar indeks glikemik (GI)–peringkat angka pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah–dalam rasperry adalah yang paling rendah dibandingkan buah apapun. Artinya, gulanya diserap ke dalam tubuh secara perlahan. Dikombinasikan dengan serat tingginya, raspberry yang hanya mengandung beberapa kalor merupakan cara yang efektif untuk mengontrol rasa lapar.