Sunday, May 10, 2015

Makan Ceker Ayam Aman Atau Tidak?

Loading...
Loading...
Sebagian orang mungkin pernah bahkan sering mengkonsumsi ceker ayam karena menurutnya rasanya yang enak, akan tetapi ternyata juga ada beberapa orang yang justru berpikir dengan memakan kaki ayam adalah sesuatu yang jorok.

Karena kaki ayam seperti yang kita tahu bahwa semasa hidup tidak jarang menginjak pada tempat-tempat yang kotor.

Hingga saat kaki ayam sudah dimasak dan siap dimakan, masih saja ada bayangan tak enak di benak kita mengenai kaki ayam tersebut walaupun sudah di bersihkan, namun apakah berbahaya mengkonsumsi kaki ayam dari sisi kesehatan?

Menjawab pertanyaan tersebut, perwakilan dari laman Meetdoctor, dr Nina Amelia memberikan keterangan bahwa menurutnya standart kesehatannya ada pada bagaimana proses pengolahannya.

"Selama ia berasal dari ayam segar, dibersihkan dan diolah dengan baik, serta cukup matang, maka mengkonsumsi ceker ayam itu aman," ujarnya.

Mengkonsumsi ceker ayam aman, karena kandungan lemaknya tidak terlalu banyak, kandungan proteinnya pun cukup baik untuk kebutuhan tubuh. Namun berhati-hatilah dalam memilih bahan mentah kaki ayam, yang akan diolah menjadi makanan, Nina menambahkan.

Nina juga menambahkan bahwa "Maraknya penjualan ayam dalam bentuk bangkai dan ayam yang tidak terjaga kebersihannya, memiliki hubungan dengan bagaimana tingkat kebersihan kaki atau ceker ayam." Sebelum mengolah kaki ayam untuk dijadikan makanan keluarga di rumah, alangkah baiknya jika Anda memastikan tempat membeli bahan mentah ayam yang terjamin kebersihanya.

"Lebih baik beli ayam di supermarket, yang sudah jelas kebersihannya. Setelah sampai di rumah pun, pastikan proses pembersihan kaki ayam bersih, jika bisa, mencucinya lakukan secara berulang-ulang agar terjaga kebersihnnya," kata Nina. Memakan ceker ayam, aman dan sehat selama kebersihan bahan mentahnya higienis. Sisanya jatuh pada selera, Nina menutup penjelasannya.

Baca Juga Artikel Selanjutnya Tentang Apa saja Yang terkandung di dalam ceker ayam.

Loading...
Back To Top