Manfaat Bayam Bagi Otak


loading...
loading...


Membuat kerja otak lebih baik dan 11 tahun lebih muda.

Siapa yang tak kenal dengan sosok Popeye dan sekaleng bayam kegemarannya. Ya, Salah satu tokoh kartun yang sempat terkenal begitu khas dengan otot kekarnya, yang ia dapatkan dari bayam yang ia makan. Namun, manfaat dan kebaikan dari bayam tak hanya itu. Sebab, mengonsumsi bayam ternyata juga bisa melindungi fungsi otak, dan membuat kerja otak lebih baik dan 11 tahun lebih muda. Bagaimana bisa?

Jawabannya ialah kandungan vitamin K. Bayam dan beberapa jenis sayur yang berbentuk dedaunan hijau, terbukti memiliki kandungan vitamin K yang memerlambat proses penurunan fungsi otak. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di University of Chicago dengan mengamati perkembangan otak pada sekitar 954 lansia, yang dilihat dari pilihan makanan yang dikonsumsi.

Hasilnya, lansia yang mengonsumsi sayuran berdaun hijau, seperti bayam salah satunya, terbukti memiliki fungsi dan kerja otak yang lebih baik dari yang tidak. "Peneliti yang mengamati kebaikan vitamin K sepakat bahwa kandungan vitamin ini mampu meningkatkan fungsi kognitif pada otak, yang membuat otak 11 tahun lebih muda," ujar Martha Clare Morris, Sc.D., salah satu tim peneliti, sebagaimana dikutip dari Huffington Post.

Kandungan vitamin K ini, menurut Martha, dapat menghasilkan kandungan asam folat dan beta karoten dalam tubuh, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan produktivitas otak. Berbagai jenis sayuran berdaun hijau lain seperti asparagus, kale, hingga wortel, juga berkhasiat bagi perbaikan sel otak yang rusak. Dengan begitu, usia otak yang dimiliki para lansia yang mengonsumsi sayuran berdaun hijau, terbukti lebih muda dan produktif, sebanyak 11 tahun lebih muda dari usianya.

Dalam hal pencegahan, mengonsumsi sayuran berdaun hijau ini, juga bisa menjadi senjata demi menekan risiko penyakit Alzheimer dan demensia, yang sangat rentan pada lansia, yang sudah mengalami banyak penurunan aktivitas pada otaknya. "Sayur berdaun hijau ini terbilang mudah ditemukan, diolah, serta dikonsumsi, jadi seharusnya tingkat konsumsinya lebih banyak."

vivacoid