Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh


loading...
loading...

Khasiat Dan Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Dan Diet

1. Dapat Mengurangi Terjadinya Resiko Kanker Colon

Kadar selenium dan polifenol yang tinggi didalam beras merah, diperkirakan mampu serta dapat menurunkan resiko terjadinya kanker usus besar. Beras merah memiliki kandungan fenol yang konsentrasinya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih. Dengan kadar fenol yang tinggi inilah, manfaat beras merah mampu menyehatkan system pencernaan serta usus besar didalam tubuh.

2. Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Kandungan serat yang cukup tinggi didalam beras merah, juga mampu menawarkan beberapa perlindungan akan terjadinya penyakit kardiovaskular. Sehingga anda bisa menurunkan berat badan anda. Selain itu, didalam beras merah juga telah ditemukan fitonutrisi yaitu lignin yang dipercaya mampu menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker payudara pada wanita.

3. Mampu Menurunkan Kolestelor Yang Jahat
Beras merah juga merupakan sumber serat pelarut yang sangat bagus untuk menurunkan kadar kolesterol LDL didalam darah. Dan didalam beras merah juga memiliki kandungan minyak esensial yang mampu menunrunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol, serta mampu untuk meningkatkan pula kolesterol HDL yang sangat diperlukan oleh tubuh.

4. Dapat Menjaga Berat Badan Yang Sehat
Manfaat beras merah lainnya adalah mampu digunakan untuk diet tinggi, karena beras merah mampu mengenyangkan perut lebih lama sehingga ini sangat cocok untuk anda yang ingin menurunkan berat badan atau diet tinggi yang sehat. Kandungan nutrisi serta serat didalam beras merah merupakan sumber makanan yang sangat baik, indeks glikemik yang rendah akan mampu membuat gula darah lebih menjadi stabil serta tahan lama jika dibandingkan dengan beras putih.

5. Dapat Mencegah Terjadinya Sembelit
Tingginya serat larut didalam beras merah, beras merah mampu melancarkan pembuangan dan pencernaan. Serat larut didalam beras merah lebih banyak memberikan jenis cairan ke usus, sehingga pergerakan makanan yang ada di usus lebih mudah halus dan mencegah akan terjadinya sembelit.

6. Mampu Mengontrol Gula Darah Pada Tubuh

Kandungan serat didalam beras merah juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh, karena karbohidrat didalam beras merah akan lebih lambat saat dicerna ketimbang dengan biji-bijian lainnya dan nasi putih. Dengan demikian gula darah akan lebih lambat masuk ke aliran darah didalam tubuh. Diet yang kaya akan indeks glikemiks yang rendah, jika dikaitkan dengan makanan yang berserat tinggi dan kadar glukosa yang stabil, maka ini akan membantu dalam proses mengurangi resiko pengembangan terjadinya diabetes tingkat 2. Dan disinilah manfaat beras merah dapat anda rasakan.

7. Mempertahankan Sistem Saraf Dengan Sehat
Selain mengandung serat dan kandungan fenil yang tinggi, beras merah juga memiliki mangan yang sangat diperlukan untuk tubuh. Manfaat beras merah dengan adanya mangan didalamnya, akan mampu mengahasilkan asam lemak serta hormon yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga system saraf agar tetap sehat.

8. Mencegah Timbulnya Batu Empedu
Salah satu penelitian yang diadakan di luar negeri, memberikan penjelasan bahwa beras merah mampu menemukan diet tinggi dengan serat larut, serta rendah resiko akan batu empedu yang terjadi pada wanita.

9. Mampu Membantu Menjaga Akan Kesehatan Tulang

Beras merah adalah sumber magnesium yang mampu memberikan nutrisi dan kunci untuk kesehatan tulang secara bersamaan dengan vitamin D dan kalsium. Kandungan magnesium yang ada didalam beras merah sangat diperlukan, karena mampu membangun tulang serta mencegah agar tidak terjadinya kekurangan kalsium, terjadinya akan kepadatan tulang yang rendah serta pengembangan osteoporosis saat dikemudian hari.