Saturday, May 9, 2015

Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan Kita

Loading...
Loading...

 Manfaat kolang kaling ternyata cukup mencengangkan bagi kesehatan manusia, mulai dari pencernaan sampai kandungan gizi yang tinggi membuat buah ini menjadi buah super. Buah yang satu ini sering dikeringkan dan dijadikan penganan yang enak dicampur dengan beragam es. Seperti es campur, es kolak dan sebagainya. Namanya kolang-kaling. Kolang kaling dibuat dari biji buah atap. Sebenarnya buah atap ini lebih dikenal dengan pohon aren. Pohon aren ini ternyata memiliki banyak kegunaan. Layaknya pohon kelapa. Jadi dari buah aren ini atau buah atap bisa dibikin seperti bahan konsumsi untuk dimakan.

Lalu batangnya juga berfungsi sebagai bahan bangunan seperti untuk pembuatan rumah dan peralatan lainnya. Sedangkan untuk daunnya bisa dipakai untuk membungkus makanan. Tanaman aren atau enau ini memiliki nama latin arengan pinnata adalah tanaman yang banyak ditemukan di nusantara.

1. Kolang Kaling Melancarkan Pencernaan
kolang-kaling baik untuk memperlancar pencernaan. Hal ini disebabkan karena kayanya akan serat sehingga buah ini sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Pencernaan tentunya berfungsi untuk mengolah makanan dan juga membuang bahan-bahan makanan yang tidak bergizi atau sampah makanan dari tubuh.

2. Kolang Kaling Mengandung Karbohidrat
buah ini yaitu kolang kaling ternyata mengandung karbohidrat yang baik untuk mereka yang sedang berdiet atau menghindari makanan tinggi kadar lemak. Karbohidrat dalam kolang-kaling cepat diserap dalam tubuh sehingga membuat tubuh cepat kenyang dan mampu memberikan energi.

3. Obat Radang Sendi
Kolang-kaling mengandung karbohidrat yang disebut dengan galaktomannan. Bahan ini sering dipakai untuk dasar dari bahan obat yaitu nyeri radang sendi. Menurut penelitian bahan dasar yang juga terkandung itu mengurangi rasa nyeri yang sering terasa akibat nyeri radang sendi. Cobalah untuk mengonsumsi sekitar 100-200 gram kolang kaling yang tidak dicampur dengan gula dan pewarna makanan. Coba makan sekali dalam sehari. Kolang kaling bisa membantu mengatasi peradangan pada persendian di tubuh anda.

4. Pertumbuhan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Tingginya kadar kalsium pada kolang kaling juga berpengaruh untuk tubuh. Kalsium sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis. Penyakit tulang yang rentan diderita oleh wanita dibanding pria. Kolang kaling ternyata cukup baik dan bisa untuk minuman segar seperti es buah, cocok dikonsumsi jika Anda kurang suka minum susu. Dari 100 gram kolang-kaling ada kandungan kalsium sekitar 91 miligram. Menarik bukan?

5. Kolang Kaling Mengobati Gatal-Gatal

Sebelum dijadikan kolang-kaling, buah aren mengandung getah yang jika terkena kulit terasa gatal. Tapi jika dibuat menjadi asupan, malah bisa mengobati gatal-gatal. Penemuan ini memang harus diteliti terlebih dahulu, namun beberapa orang telah merasakan efeknya ketika mengkonsumsi kolang kaling gatal gatal pada tubuh mulai berkurang. Meski harus diteliti dulu lebih lanjut.

6. Kolang Kaling Sumber Vitamin Sehat
Kolang-kaling juga mengandung vitamin seperti vitamin A, B dan C. Vitamin A terbukti ampuh untuk memperkuat penglihatan atau mata. Kemudian vitamin B baik untuk kulit dan sel-sel lainnya di tubuh. Terakhir vitamin C adalah vitamin yang berkhasiat untuk tubuh, mencegah sariawan, influenza dan sebagainya.

Sumber : manfaat .co.id
Loading...
Back To Top