Mengapa Minum Air Putih Sebelum Tidur Itu Penting?


loading...
loading...

Banyaknya air yang dibutuhkan tubuh memang tergantung dari berat badan, aktivitas, dan iklim tempat tinggal. Selain minum air sepanjang hari, ada alasan kenapa air putih juga harus dikonsumsi sebelum tidur. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari eHow berikut ini.

► Pentingnya air putih


Jika kurang minum, tubuh bisa dehidrasi. Beberapa gejala yang muncul di antaranya adalah pusing, mual, sampai pingsan. Jadi jangan malas minum air sepanjang hari, salah satunya sebelum tidur.

► Fungsi


Air punya fungsi mengontrol suhu tubuh. Air pun perlu diminum lebih sering karena ketika beraktivitas, air kembali dikeluarkan dalam bentuk keringat, urine, sampai energi.

► Waktu minum

Waktu minum air putih paling baik adalah sebelum dan sesudah beraktivitas serta sepanjang hari secara menyebar. Selain itu, minum air putih sebelum dan sesudah tidur juga dianjurkan demi mencegah dehidrasi.

► Kesehatan organ

Secara khusus, minum air sebelum tidur mampu menjaga kelembapan kulit. Sementara bagi kesehatan organ dalam, minum air berfungsi untuk mencegah batu ginjal, melembapkan persendian, dan membuat tidur lebih nyenyak.

► Melawan penyakit

Segelas besar air putih yang diminum sebelum tidur mampu menurunkan risiko penyakit dan infeksi. Sebab air mengusir racun yang menjadi penyebab penyakit.

► Memberi energi

Ketika bangun, tubuh akan lebih berenergi jika di malam hari air putih dikonsumsi dalam jumlah tepat. Sebab air juga berperan dalam membentuk otot, membakar lemak, dan menjaga suhu tubuh ketika tidur.

Itulah alasan penting kenapa air putih harus diminum sebelum tidur. Sayangnya, banyak orang sering terbangun tengah malam dan mengalami gangguan tidur akibat terlalu haus karena malas minum sebelum tidur.