Minum secangkir teh bisa tingkatkan kinerja otak


loading...
loading...

Bila Anda ingin bersantai sejenak dari pekerjaan Anda, secangkir teh bisa menjadi pilihan yang sempurna. Menurut penelitian terbaru, secangkir teh bisa membuat Anda merasa lebih rileks dan juga meningkatkan kinerja otak.

Penelitian ini menemukan bahwa aktivitas saraf akan meningkat sekitar setengah jam setelah Anda minum teh hitam atau hijau.

Seperti dilansir Daily Mail  dan merdekacom(1/5), teh dapat membantu mengendalikan peradangan, meningkatkan fungsi pembuluh darah dan membatasi penyumbatan arteri. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Universitas Newcastle, menyelidiki pola gelombang otak untuk membangun efek teh pada berbagai fungsi neurologis.

Delapan relawan diminta untuk minum secangkir teh yang dibuat dari daun teh hijau atau hitam. Kemudian para peneliti mengukur aktivitas otak mereka.

Elektroda yang melekat di kepala mereka menemukan bahwa ada tiga jenis gelombang otak yang meningkat dalam waktu satu jam - alpha, beta dan theta - setelah mereka minum secangkir teh.

Ada peningkatan yang sangat signifikan pada gelombang theta antara 30 menit dan satu jam kemudian, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Nutritional Neuroscience.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa minum 3-4 cangkir teh sehari dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Teh juga diketahui dapat membantu mencegah DIABETES tipe 2, dan memperlambat perkembangan penyakit tersebut. Teh putih juga bisa membantu mencegah obesitas.