Penyakit yang Bisa Dihindari Cukup Dengan Mencuci Tangan


loading...
loading...

Mencuci tangan adalah langkah sederhana namun dapat memberikan dampak yang signifikan untuk pencegahan penyakit. Apa saja penyakit yang dapat dicegah dengan mencuci tangan? Simak selengkapnya penjelasan dr. Alvin Nursalim disini.
Pencegahan lebih baik dari pada pengobatan. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit adalah dengan mencuci tangan.

Mencuci tangan adalah langkah sederhana namun dapat memberikan dampak yang signifikan untuk pencegahan penyakit.

Apa saja penyakit yang dapat dicegah dengan mencuci tangan?

1. Diare

Diare adalah penyakit dimana tinja yang dikeluarkan menjadi lebih cair dan frekuensinya menjadi lebih sering. Salah satu penyebab penyakit diare adalah bakteri.

Beberapa bakteri penyebab diare dapat ditularkan dengan kontak langsung. Apabila penderita diare yang tidak mencuci tangan berkontak langsung dengan orang lain yang sehat, bakteri penyebab bakteri dapat saja berpindah, dan menyebabkan diare pada orang lain.

2. Hepatitis A

Hepatitis A merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus dan menyerang organ hati. Hepatitis A dapat ditularkan dengan jalur fekal oral. Jalur ini berarti virus hepatitis A dapat menular melalui mulut atau saluran pencernaan.

Orang yang jarang mencuci tangan berisiko mendapatkan virus melalui mulutnya. Jika virus sudah masuk ke dalam saluran pencernaan, maka virus hepatitis A dapat menyebabkan gangguan hati dengan gejala seperti demam, kuning dan sakit perut kanan atas.

3. ISPA

Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dapat menyerang anak maupun dewasa. Keluhan yang akan dialami penderita ISPA adalah batuk dan pilek. Namun Anda dapat mencegah penyakit ini dengan senantiasa mencuci tangan sebelum menyentuh wajah. Selain itu, tutuplah mulut dan hidung Anda ketika Anda batuk atau bersin untuk mencegah penularan kepada orang lain.

4. Skabies


Skabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau. Tungau dapat masuk kedalam epidermis dan menyebabkan keluhan gatal pada kulit. Skabies dapat tertular dengan kontak langsung kulit, khususnya pada kerabat dekat yang tinggal dalam lingkungan yang sama. Penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan, mandi secara teratur dan mencuci tangan. Apabila seseorang sudah  menderita skabies, maka vervagai barang pribadi seperti pakaian, seprai dan handuk harus dibersihkan dan dicuci.

Setelah mengetahui pentingnya mencuci tangan, kapan seharusnya kita mencuci tangan? Berikut adalah panduan kapan saja Anda harus mencuci tangan.

-Sebelum dan setelah menyiapkan makanan
-Sebelum makan
-Sebelum dan sesudah berhubungan dengan orang yang sakit
-Sesudah menggunakan toilet
-Sesudah mengganti popok anak atau membersihkan kotoran anak
-Setelah bersin atau batuk
-Setelah menyentuh hewan atau makanannya
-Setelah menyentuh sampah

klikdoktercom