Wednesday, May 13, 2015

Serba Serbi Penyakit yang disebabkan oleh Jamur

Loading...
Loading...

Jangan pernah menyepelekan penyakit yang disebabkan oleh jamur. Begitulah kiranya hal yang cocok menggambarkan beragam penyakit yang disebabkan karena jamur. Tanya kenapa? Tidak lain karena ternyata jamur dapat menyerang beberapa bagian tubuh manusia. Selain dapat tumbuh di kulit, ternyata ada pula penyakit khusus yang dapat menyerang bola mata. Jika sudah parah hal ini dapat menyebabkan borok pada mata. Ada pula jamur yang dapat tumbuh pada liang telinga lho! Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan mengorek liang telinga dengan jari yang telah tercemar jamur.

Ternyata ada pula jamur yang dapat menyerang paru-paru dengan gejala batuk selama berbulan-bulan yang tidak dapat sembuh dengan pengobatan cara biasa. Salah satu jenis jamur yang patut diwaspadai adalah Candida albicans. Jamur yang dapat menyebabkan keputihan ini juga dapat tumbuh di beberapa bagian tubuh seperti di lipatan payudara, di kulit sekitar area selangkangan dan di saluran pencernaan. Fakta kedua yang perlu diketahui bahwa penyakit jamur itu menular. Ada yang penularannya melalui persinggungan kulit jamuran dengan kulit sehat, ada pula yang menular melalui spora, udara ataupun berhubungan seks.

Jamur yang tumbuh di kulit pipi kemungkinan menular lewat bantal tidur yang habis dipakai oleh pengidap jamur serupa sebelumnya. Seolah hampir serupa, jamur yang tumbuh di leher, dada atau di perut kemungkinan dapat menular melalui pakaian bekas pengidap jamur. Sedangkan jamur di area jemari atau sekitar tangan kemungkinan penularannya lewat berjabat tangan dengan penderita jamur serupa. Satu lagi yang wajib diketahui bahwa jemari yang habis digunakan untuk menggaruk kulit berjamur dapat memindahkan penyakit jamur yang sedang diderita ke bagian kulit sehat lainnya.

Fakta ketiga yang perlu diketahui ternyata rumor jamur kulit itu berlangsung menahun seolah sukar sembuh ternyata salah. Hal ini dapa terjadi karena banyak faktor, misalnya saja jamur kulit tidak diobati hingga tuntas dan salah memilih obat anti jamur. Tak jarang pula orang menganggap jamur kulit sebagai eksim, begitu pula sebaliknya. Jika jamur kulit diobati dengan obat eksim dan sebaliknya tentu hal ini tidak akan menyembuhkan penyakit yang sedang diderita bukan? Semoga bermanfaat.
Loading...
Back To Top