Tanaman yang dapat membersihkan udara di dalam rumah


loading...
loading...
Lidah buaya merupakan tanaman herbal yang dapat dijadikan obat alami untuk menyembuhkan beberapa kondisi
Jakarta Meski asap kendaraan bermotor dan rokok biasa ditemui di jalanan, bukan berarti rumah Anda bebas polusi udara. Berbagai produk di rumah yang mengandung bahan-bahan kimia jika tubuh terpapar lama tak baik untuk kesehatan.







Misalnya kandungan trichloroethylene yang biasa ditemukan tinta hasil cetakan dan pernis bisa membuat pusing. Ada juga bahan formaldehyde yang menyebabkan iritasi hidung, mulut dan tenggorokan biasa ditemukan pada tisu, lap tisu, kertas, tas kertas. Serta aneka bahan kimia lain yang tak baik untuk kesehatan jika tubuh terpapar dalam jangka waktu yang lama.

NASA dan Associated Contractors of America (ALCA) pernah melakukan penelitian mengenai pengaruh tanaman di dalam ruangan di tahun 1989. Ternyata ada beberapa tanaman yang memiliki kemampuan membuat udara lebih bersih.

Berikut daftar tanaman yang dapat membuat udara di rumah jadi lebih bersih, dilansir dari Good Housekeeping, Rabu (19/5/2015).

1. Palem kuning

Sering melihat palem di sudut-sudut perkantoran atau pusat perbelanjaan? Biasanya itu adalah jenis palem kuning. Anda pun bisa ‘mencuri’ ide menanamnya dalam rumah.

Tanaman ini cocok ditanam dalam ruangan, asalkan setiap satu minggu dikeluarkan dari rumah agar mendapatkan sinar matahari.

2. Lidah buaya

Tanaman bernama latin aloe vera ini bisa membantu mengurangi paparan formaldehyde dan benzene yang biasa ditemukan dalam bahan pembersih.

3. Lidah mertua

Ini juga salah satu tanaman yang bisa tumbuh tanpa rewel di dalam ruangan serta membersihkan racun dari bahan kimia formaldehyde.

4.Bunga krisan

Menanam bunga krisan dalam pot cantik kemudian diletakkan di atas meja kantor tak hanya membuat cantik ruangan tapi juga membersihkan udara. Tanaman berbunga ini menyaring benzena yang biasa terdapat dalam lem, cat, plastik dan deterjen.

5. Bunga peace lily

Tanaman berdaun hijau dan berbunga putih ini juga tak kalah cantik saat dipajang di rumah. Tanaman berbunga ini mampu menurunkan kadar formaldehyde, benzena serta trichloroethylene