Tips Mengobati Gejala Sengatan Lebah (bukan tawon) secara Alami


loading...
loading...



Langkah pertama dalam mengobati sengatan lebah adalah dengan menghilangkan sengatnya. Carilah titik hitam di area yang tersengat, di sinilah sengat lebah berada.

Cabut sengat lebah dengan kuku atau alat bantu, misalnya pinset. Penting untuk mencabut sengat lebah karena bila dibiarkan menempel dalam tubuh dalam waktu lama bisa menyebabkan infeksi serius. Pastikan juga tidak ada bagian sengat yang tertinggal.
Setelah sengat dicabut, Anda bisa melakukan salah satu tips sederhana berikut untuk meredakan gejala akibat sengatan lebah:

1. Kompres Es


Kompres es merupakan salah satu pengobatan rumah terbaik untuk meredakan sengatan lebah.
Setelah sengat dicabut, kompreskan es di area yang disengat.
Cara kerja kompres es adalah dengan membuat area tersebut mati rasa, sehingga sensasi nyeri akan mereda.
Kompres es juga bisa mengurangi terjadinya pembengkakan karena aliran darah menjadi berkurang ke area yang dikompres.
Hindari mengompres dengan es lebih dari 20 menit. Beri jeda sekitar 15 menit diantara setiap melakukan kompres es.

2. Pasta Gigi

Pasta gigi merupakan zat alkalin yang bisa menetralkan racun. Di alam, zat alkalin ini bersifat asam. Beberapa pasta gigi juga mengandung gliserin yang bisa menarik keluar racun dari sengatan lebah. Namun, perlu diwaspadai bila muncul iritasi atau ruam setelah dioles dengan pasta gigi. Bila terjadi iritasi atau ruam, segera cuci kulit untuk menghilangkan pasta gigi.

3. Pepaya

Setelah sengat dicabut, gosokkan pepaya beberapa kali ke area sengatan. Pepaya mengandung papain, senyawa yang bisa memecah protein racun sengatan. Namun, hindari menggunakan pepaya jika Anda memiliki alergi terhadap lateks. Bila terjadi ruam, segera hentikan penggunaan pepaya dan bilas secara menyeluruh area tersebut.

4. Baking Soda

Pasta yang terbuat dari baking soda dan air sangat efektif untuk mengobati sengatan lebah. Oleskan pasta baking soda di area sengatan selama 15 sampai 20 menit. Perawatan ini bisa meredakan rasa sakit yang muncul akibat sengatan lebah.

5. Minyak Atsiri (Essential Oils)


Minyak esensial seperti minyak lavender dan minyak jarak bisa juga dioleskan ke area sengatan untuk mengurangi bengkak dan rasa sakit. Mengoleskan madu atau jus lidah buaya ke area sengatan juga merupakan pengobatan rumah yang efektif.

6. Cuka


Buatlah pasta dari cuka dan baking soda.
Oleskan pasta pada daerah yang terkena dan biarkan selama waktu yang diinginkan. Cuka dapat menetralkan racun sengatan lebah. Selain itu, cuka bekerja dengan komponen lain dari pasta untuk meringankan ketidaknyamanan akibat sengatan. Gejala yang umum dari sengatan lebah akan mereda dalam beberapa jam setelah menggunakan pengobatan di atas. Namun, bila merasa mual, pusing, lidah membengkak, atau mengalami kesulitan bernafas, segera hubungi dokter.