Vitamin B Penting untuk Kesehatan Wanita


loading...
loading...
Vitamin B penting untuk kesehatan perempuan. Khususnya Vitamin B6, B12, dan asam folat. Vitamin B sangat penting untuk fungsi otak, pembentukan sel darah merah, dan membangun DNA. Selain itu, jika Anda sedang hamil, vitamin B dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat. Kebiasaan makan yang buruk, penyalahgunaan alkohol, merokok, dan kontrasepsi oral dapat menjadi penyebab tingkat darah rendah asam folat. Kekurangan Vitamin B juga dapat menyebabkan iritabilitas, depresi, kebingungan, dan peradangan mulut.

Vitamin B6 dikenal sebagai pyridoxine. Vitamin ini sangat penting untuk metabolisme dan juga untuk fungsi otak. Kekurangan vitamin B6 dapat mengakibatkan anemia. Makanan sumber vitamin B6 ialah alpukat, kcang-kacangan, pisang, sereal, daging, oatmeal, unggas, dan biji-bijian. Vitamin B6 adalah salah satu dari beberapa vitamin yang larut dalam air, yang dapat menjadi racun jika dikonsumsi dalam dosis besar. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang cukup saja.

Anemia adalah salah satu konsekuensi paling umum dari kekurangan vitamin B12. Kadar vitamin B12 dapat diukur dengan tes darah. Apabila Anda tidak ingin sering-seirng ke dokter pastikan Anda memakan makanan yang mengandung vitamin B12 setiap hari. Makanan sumber vitamin B12 ialah keju, telur, ikan, daging, susu, dan yogurt.

Dalam upaya untuk membuat DNA dan RNA dalam tubuh, sangat dibutuhkan folat atau asam folat. Senyawa tersebut juga penting untuk pengembangan sistem saraf pusat. Senyawa tersebut juga penting untuk mencegah perubahan DNA yang dapat menyebabkan kanker. Manusia dewasa dan anak-anak memerlukan folat untuk membangun sel-sel darah merah normal dan mencegah anemia. Kekurangan folat pada perempuan yang sedang hamil dapat menyebabkan cacat tabung sarat seperti spina bifida. Spina bifida adalah penutupan sel tulang belakang, beresiko lahir dalam kondisi cacat. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu banyak makan sayuran hijau. Sayuran yang mengandung banyak folat adalah bayam. Selain itu makan buah jeruk, melon, strawberry, kacang-kacangan, buncis, kacang hitam, kacang merah, telur, dan hati juga baik untuk Anda karena mengandung banyak folat.

Nah, mulai sekarang, apabila Anda masih tidak suka makan sayuran pelan-pelan makan sayuran supaya kebutuhan vitamin B Anda tercukupi. Selamat mencoba!