6 Hal ini Perlu Kamu Lakukan Agar Puasamu Lancar


loading...
loading...

Bulan Suci Ramadhan 1436 kini telah tiba, seluruh umat muslim di dunia menyambut bulan yang penuh berkah ini dengan menjalankan ibadah puasa. Ibadah puasa menjadi salah satu rukun islam yang wajib dilakukan bagi kaum muslim untuk mensucikan diri dari segala dosa karena di bulan suci Ramadhan inilah umat muslim diberikan kesempatan mendapatkan ampunan dari dosa – dosa yang telah diperbuat selama setahun terakhir.

Ketika menjalani ibadah puasa ini banyak sekali halangan dan godaan yang bisa membatalkan puasa. Rasa haus dan lapar memang sudah menjadi tantangan ketika kamu berpuasa seharian penuh. Namun untuk mengatasi rasa haus dan lapar ini juga bisa dicegah dengan melakukan sejumlah hal yang bisa bikin puasa kamu lancar.

Mau tahu apa saja hal yang perlu kamu lakukan agar puasa kamu lancar. Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, inilah dia 6 hal yang perlu dilakukan agar puasa kamu lancar.

1. Buat Perencanaan Makanan

Salah satu hal yang perlu kamu lakukan jika puasa kamu lancar yakni membuat suatu perencanaan makanan apa saja yang akan kamu makan saat sahur dan berbuka. Usahakan makanan untuk sahur ini jangan sejenis junkfood, dan usahakan untuk berbuka ini buatlah makanan yang manis – manis untuk mengembalikan energi setelah berpuasa seharian.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Salah satu cara agar puasa kamu lancar yakni dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur ini memiliki kandungan vitamin dan karbohidrat yang sangat baik untuk pencernaan dan energi untuk berpuasa seharian.

3. Istirahat Cukup

Tidur di bulan puasa ini menjadi salah satu ibadah. Usahakan di bulan puasanya ini kamu bisa mengatur waktu tidur yang cukup. Namun jangan ibadah puasa ini dijadikan alasan untuk tidur seharian , karena tidur seharian saat berpuasa ini tidak baik untuk kesehatan
.
4. Tetap Berolahraga

Agar puasa tetap lancar dan bugar , sebaiknya kamu jangan lupa untuk berolahraga pagi. Setelah sholat shubuh itu waktu yang baik untuk kamu berolahraga dengan berlari kecil atau jogging.

5. Konsultasi ke dokter

Tidak semua orang yang bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Biasanya seseorang yang punya penyakit maag kronis atau penyakit lainnya ini akan sulit untuk bisa menjalankan ibadah puasa. Namun sebelum ibadah puasa ini dilaksanakan sebaiknya konsultasi ke dokter untuk bisa mendapatkan asupan obat dan suplemen yang menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

6. Pola Minum 242

Agar puasa kamu lancar sebaiknya kamu harus bisa menjaga pola minum 242 . Kebutuhan air yang cukup ini dapat mencegah kamu merasa dehidrasi , lemah dan pusing saat berpuasa.
Nah, itulah dia keenam hal yang perlu dilakukan agar puasa kamu lancar.