Saturday, June 6, 2015

6 Jenis Kacang Terbaik Bagi Kesehatan Anda

Loading...
Loading...
Sebagai cemilan kacang adalah makanan paling praktis untuk didapatkan. Namun ternyata lebih banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari segenggam kacang, lebih dari sekadar kenikmatan mengunyah makanan yang biasanya berbentuk kecil-kecil dan terasa renyah itu.

Secara alami seperti dikutip laman Health kacang umumnya sudah mengandung lemak, protein, vitamin dan mineral. Namun hati-hati karena kadar lemak dan kalorinya cukup tinggi segenggam pertama mungkin memang cukup sehat untuk tubuh Anda. Sementara genggam kedua bisa jadi membahayakan diet Anda.

Berikut enam kacang yang terbukti bermanfaat untuk kesehatan.

1. Kacang terbaik untuk diet: almond, mede dan pistachio.

Tiga jenis kacang ini punya kadar kalori yang moderat untuk dimasukkan ke diet harian. “Kacang ini masing-masing mengandung asam lemak omega-3, protein, dan serat. Semua ini membantu Anda untuk tetap merasa penuh dan menekan selera makan,” kata Judy Chaplan, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Almond (23 butir) mengandung 6 gram protein dan 14 gram lemak, kacang mede (16-18 butir) mengandung: 5 gram protein, 13 gram lemak dan pistachio (49 butir) mengandung: 6 gram protein dan 13 gram lemak.

Hindari kacang dalam kemasan atau yang dibakar tapi dengan minyak. Sebaiknya makan tiga jenis kacang ini dalam kondisi mentah atau dipanggang. Kacang yang dibakar seringkali ditambahi minyak omega-6 yang tidak sehat. Sementara temperatur yang tinggi akan merusakkan nutrisi dalam kacang.

2. Kacang terburuk untuk diet : macadamia dan pecan

Satu ons kacang macadamia (10-12 butir) mengandung : 2 gram protein dan 21 gram lemak. Sementara pecan (18-20 butir) mengandung 2 gram protein dan 21 gram lemak dan pecan (18-20 bagian) mengandung 3 gram protein dan 20 gram lemak, keduanya mengandung masing-masing 200 kalori, dengan sangat sedikit protein dan tinggi lemak.

Namun jangan khawatir, ini tetap kacang yang baik jika Anda membatasi porsinya.

3. Kacang terbaik untuk jantung: kacang kenari.

Sementara semua kacang berisi lemak omega-3 yang sehat untuk jantung, walnut atau kacang kenari (14 bagian) mengandung: 185 kalori, 18 gram lemak dan 4 gram protein sekaligus kaya akan asam linoleic alfa (ALA). Penelitian membuktikan ALA bisa membantu kondisi jantung dengan irama yang tak menentu.

Penelitian di Spanyol pada tahun 2006 menyimpulkan kacang kenari juga sama efektifnya dengan minyak zaitun untuk meredakan peradangan dan oksidasi di arteri setelah mengkonsumsi makanan berlemak.

4. Kacang terbaik untuk otak : kacang tanah.

Kacang tanah kaya akan folat — mineral yang penting untuk perkembangan otak dan menjaganya dari penurunan kognitif. Kacang tanah juga jadi sumber folat yang baik untuk para vegetarian untuk memenuhi kebutuhannya saat hamil untuk mencegah janin mengalami cacat bawaan lahir.

Seperti sebagian besar kacang, kacang tanah juga banyak mengandung lemak yang sehat untuk otak dan vitamin E. Satu ons kacang tanah (sekitar 28 butir dengan kulitnya) mengandung 170 kalori, 7 gram protein dan 14 gram lemak.

5. Kacang terbaik untuk kaum pria: kacang Brazil dan pecan.

Kacang Brazil yang ‘creamy’ kaya akan selenium, mineral yang terbukti ampuh untuk mencegah kanker prostat selain penyakit lainnya. Satu kacang saja cukup untuk memenuhi kebutuhan selenium seharian. Karenanya berhati-hatilah mengkonsumsinya karena terlalu banyak selenium bisa juga memicu diabetes tipe 2. Satu ons kacang Brazil (6 kacang) mengandung 190 kalori, 90 gram lemak, dan 4 gram protein.

Pecan juga baik untuk kesehatan pria karena kaya akan beta-sitosterol, steroid dari tanaman yang bisa meringankan gejala benign prostatic hyperplasia (BPH) atau pembesaran prostat. Satu ons pecan (18-20 bagian) mengandung 200 kalori, 21 gram lemak dan 3 gram protein.

6. Kacang terbaik untuk mencegah penyakit: almond.

Selain baik untuk diet, almond yang rendah kalori jug a mengandung lebih banyak kalsium dibanding kacang lain. Karenanya secara umum kacang ini sangat baik untuk kesehatan

Belum lagi almond sangat kata akan serat, vitamin E, dan antioksidan yang membantu memerangi peradangan dan sejumlah masalah kesehatan lain seperti kanker paru dan penurunan kemampuan otak akibat penuaan.

Nah diantara Kacang yang disebutkan diatas mana yang menjadi favorit kamu> 

Loading...
Back To Top