9 Buah yang Dianjurkan untuk Anda Konsumsi di bulan Puasa


loading...
loading...
Orang yang berpuasa memiliki waktu makan yang lebih singkat dari biasanya, dan kebanyakan dari kita seringkali tidak memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Berbagai macam jenis makanan seringkali menggoda lidah kita untuk memakannya saat waktu berbuka puasa tiba. Sebagian dari kita tidak peduli dengan makanan yang dikonsumsi, yang penting menyegarkan, juga bisa mengenyangkan. Itulah alasan kenapa pola makan kita di bulan Ramadhan tidak terjaga.

Namun, apakah anda sering mengkonsumsi buah saat puasa? Perlu anda ketahui, bahwa buah merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak nutrisi penting, yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi saat kita berpuasa, pastinya nutrisi yang kita butuhkan akan lebih banyak dari biasanya. Nah Inilah 9 Buah yang dianjurkan dikonsumsi saat berpuasa, baik saat santap sahur maupun saat berbuka puasa. Mari kita mulai.


1.Buah Kurma

Dari berbagai macam jenis buah, Kurma menempati urutan teratas sebagai buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama berpuasa. Hal ini terjadi karena Buah Kurma adalah makanan yang memiliki kandungan gula glukosa yang sangat tinggi, dimana kandungan gulanya tersebut antara 75-87%. Glukosa yang terdapat di dalam buah Kurma berfungsi untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh kita. Saat kita mengkonsumsi buah Kurma untuk berbuka puasa, glukosa di dalam Kurma akan berubah menjadi fruktosa dengan cepat, sehingga akan langsung diserap oleh tubuh kita lewat pencernaan. Glukosa ini sangat membantu sel-sel otak, sel-sel darah merah, sel-sel tulang belakang, dan juga sel-sel syaraf untuk mendapatkan pasokan energi yang cukup.

Selain kaya akan kandungan glukosa, buah Kurma juga mengandung vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, Protein, dan juga Lemak. Terdapat juga kandungan mineral seperti Sulfat, Kalsium, Fosfor, Sodium, Magnesium, Potassium, Kuningan, Florin, Manganese, Zinc, Selulosa, serta Cobalt.

2.Buah Blewah

Buah yang rasanya manis ini memiliki tugas untuk absorpsi, yaitu melakukan penyerapan pada usus, karena kita sering tergesa-gesa saat mengunyah makanan. Tidak hanya itu, buah Blewah juga sangat membantu untuk menyerap zat-zat dari makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, seperti dari makanan yang banyak bumbunya, juga endapan obat-obatan. Buah yang kaya akan vitamin A ini juga bisa mengatasi rasa mual yang disebabkan karena stress. Sangat pas untuk kita konsumsi selama berpuasa, rasanya pun sangat menyegarkan.

3.Buah Pisang

Buah Pisang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan juga vitamin C, yang sangat bermanfaat untuk mengurangi asam lambung. Buah Pisang juga memiliki tugas untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuh, sehingga sangat pas bila kita mengkonsumsinya saat berpuasa.

4.Buah Pepaya

Kandungan provitamin A dan vitamin C yang terkandung di dalam buah Pepaya sangat membantu untuk memecah makanan di dalam pencernaan. Hal ini akan membuat saluran pencernaan kita menjadi lancar, dan masalah seperti susah BAB-pun akan teratasi.

5.Buah Apel

Buah Apel terbukti mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan-kandungan tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, serta mampu mengatasi masalah nafsu makan yang besar saat puasa.

6.Buah Stroberi

Buah yang kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin B1, vitamin C, dan Antioksidan ini sangat baik untuk orang yang sedang berpuasa. Kenapa? Hal ini terjadi karena kandungan Antioksidan di dalam buah Stroberi berperan utnuk melawan radikal bebas, sehingga daya tahan tubuh kita akan senantiasa kuat, dan juga terhindar dari serangan virus selama kita berpuasa.

7.Buah Mangga

Buah Mangga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, yang bagus untuk membersihkan darah kita. Bagi kita yang sedang berpuasa, dianjurkan untuk meminum jus buah Mangga, agar kita terhindar dari dehidrasi.

8.Buah Jeruk

Buah Jeruk bermanfaat untuk merangsang kekebalan tubuh, membersihkan rongga hidung akibat influenza, serta membersihkan lendir di dalam tenggorokan. Hal ini terjadi karena buah Jeruk kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, serta vitamin C.

9.Buah Belimbing

Buah Belimbing memiliki kandungan vitamin C dan juga provitamin A yang sangat melimpah. Sehingga bila kita mengkonsumsinya saat berpuasa, buah ini mampu memperlancar pencernaan kita, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh.

Nah, itu tadi 9 Buah yang dianjurkan dikonsumsi saat berpuasa, namun bagi anda yang memiliki lambung yang sensitif, anda perlu berhati-hati dalam memilih buah yang akan dikonsumsi. Kemudian, pilihlah buah-buah yang sudah matang dan manis, jangan buah yang masih mentah dan rasanya asam