Sunday, June 14, 2015

ATASI hipertensi dengan makan stroberi!

Loading...
Loading...

Tentu Anda sudah tak asing lagi dengan buah stroberi. Meski mungil, buah yang kadang terasa asam dan juga manis ini ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa buah stroberi mampu menurunkan tekanan darah.

Selama ini buah stroberi dikenal karena kandungan vitamin C yang tinggi. Namun penelitian juga menunjukkan bahwa stroberi bisa membantu menurunkan tekanan darah pada orang yang mengalami hipertensi, seperti dilansir oleh Daily Mail (16/06).

Hasil ini ditemukan peneliti di Florida State University setelah melakukan pengamatan terhadap 60 wanita yang sudah mengalami menopause. Wanita ini memiliki tekanan darah tinggi mulai dari yang sedang hingga yang cukup parah. Tekanan darah tinggi merupakan hal yang wajar dialami oleh wanita setelah menopause. Hal tersebut disebabkan oleh perubahan hormon dan penambahan berat badan.

Partisipan diminta untuk mengonsumsi stroberi beku atau mengonsumsi plasebo sekali seminggu selama delapan minggu. Setelahnya tekanan darah mereka dibandingkan. Penelitian mengungkap bahwa para wanita tersebut berhasil memiliki tekanan darah yang normal.

Peneliti berpendapat bahwa hal ini dipengaruhi oleh antioksidan yang ada dalam stroberi. Antioksidan tersebut diketahui bisa menurunkan tekanan darah dengan membuat lapisan pada pembuluh darah menjadi lebih tenang dan tidak tegang. Ketika pembuluh darah tak tegang, arteri akan melebar dan menurunkan tekanan darah.

Tak hanya stroberi saja buah yang diketahui bisa menurunkan tekanan darah. Sebelumnya peneliti juga menemukan bahwa mengonsumsi semangka juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengatasi hipertensi. Tak usah ragu lagi untuk mengonsumsi buah-buahan ini jika Anda memiliki kecenderungan tekanan darah tinggi.

Sumber: merdeka
Loading...
Back To Top