BENARKAH Biji Cabe dan Jambu Bikin Usus Buntu? Baca Penjelasan Medisnya


loading...
loading...
Nah, bagi Anda pencinta makanan pedas, pasti sering mendengar isu bahayanya makan biji cabai. Biji Cabai dikatakan dapat menyebabkan radang usus buntu.

Tidak hanya itu, makanan berbiji lainnya pun dikabarkan memiliki efek yang sama, seperti jambu biji.


Benarkah demikian?

Sebelum melihat hubungan makanan yang berbiji dengan radang usus buntu, kita akan mencari tahu dulu apa penyebab utama terjadinya radang usus buntu. Sebagian besar radang usus buntu disebabkan oleh cairan feses yang salah masuk atau salah belok dan kemudian terjebak di usus buntu atau terjadinya penumpukan lendir (mucus).

Feses atau lendir yang terjebak itu lalu mengeras dan membentuk fecalith (batu fekal), kemudian menutup jalan atau akses ke dalam usus buntu. Hal ini pun selanjutnya mengakibatkan perkembangbiakan bakteri jahat, sehingga menjadi peradangan.

Nyatanya, tubuh kita memiliki mekanisme yang sempurna dalam membuang senyawa yang tidak tercerna di dalam tubuh. Oleh karena itu, radang usus buntu yang diakibatkan benda-benda seperti biji pada makanan sangatlah jarang terjadi, walau tidak berarti tidak mungkin.

Beberapa kasus radang usus buntu memang disebabkan oleh makanan-makanan yang berbiji ataupun zat-zat yang tidak tercerna lainnya yang salah masuk ke dalam usus buntu.

Namun, Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine menyebutkan hal seperti itu hanya terjadi pada satu dari 2.000 kasus.

Sekarang kita jadi lebih tahu, bukan mengenai kebenaran biji cabai atau jambu biji yang dapat sebabkan radang usus buntu?

Semoga bermanfaat.