Cara Baru Untuk Sehat, Minum Teh Daun Kopi!


loading...
loading...

Teh daun kopi disinyalir dapat mengobati penyakit kurap, menurunkan hipertensi dan melancarkan saluran pernapasan

Anda pecinta kopi, mungkin tak pernah terpikir bahwa selain bijinya, daun kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman, lho! Menariknya, daun kopi ini kaya khasiat dan mampu dijadikan sebagai bahan alami obat tradisional.

Ya, teh yang terbuat dari daun kopi memang belum banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Namun bagi warga Eropa, teh tersebut dikonsumsi tiap hari karena bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Royal Botanic Gardens di Kew, London dan Joint Research Unit for Crop Diversity, Adaptation and Development in Montpellier di Perancis mengatakan, teh dari daun kopi dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.
Disinyalir, teh daun kopi mengandung antioksidan tinggi yang mampu menjaga daya tahan tubuh.

Tak hanya itu, peneliti juga menyakini bahwa teh daun kopi dapat mengobati penyakit kurap, menurunkan hipertensi dan melancarkan saluran pernapasan.

Menurut Dr. Aaron Davies dan Dr. Claudine Campa, Spesialis Gizi mengungkapkan, daun teh kopi mengandung tingkat antioksidan yang dapat melawan kanker ganas dibandingkan dengan kita mengonsumsi kopi atau teh.

“Daun ini baik untuk menurunkan berbagai risiko penyakit, bahkan neuron di dalam otak terlindungi jika kita mengonsumsinya,” kata Dr. Aaron, sebagaimana dilansir MedicalDaily.

Di Indonesia sendiri, khususnya di Minang, Sumatera Barat,  rendaman daun kopi tersebut dihidangkan dengan ditambah telur bebek dan gula merah/gula batu. Di daerah tersebut minuman ini dinamakan kopi talui/kopi telur.

Untuk membuat larutan daun kopi, sebelumnya beberapa daun kopi dipanggang diatas api sampai berwarna kecokelatan lalu daun kopi yang telah dipanggang tersebut direbus sampai mendidih dalam kuali atau panci yang terbuat dari tanah liat hingga larut.

Pun di Jawa Timur, masyarakat di daerah tersebut banyak memanfaatkan daun kopi dengan cara merendam daun yang telah dipanggang sampai kecokelatan ke dalam teko yang berisi air panas, lalu diminum.

Selain rasanya yang nikmat dan segar ketika dijadikan minuman, daun kopi juga memiliki berbagai manfaat, diantaranya:

Mengobati penyakit kurap. Campur dan tumbuk beberapa lembar daun kopi dengan semut hitam, kemudian setelah lumat digosokkan ke bagian tubuh yang terkena kurap. Ulangi terus setiap hari sampai sekitar seminggu.

Menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya, cuci dan rebus sekitar 20 helai daun kopi yang masih muda hingga mendidih, aduk perlahan hingga air rebusannya berubah warna menjadi kemerahan. Campurkan dengan gula pasir atau gula batu dan minum selagi masih hangat. Bisa juga dengan cara memakan langsung 10 helai daun kopi.

Menghangatkan badan dan melancarkan saluran pernafasan.
Caranya, campur air seduhan daun kopi dengan jahe.

Menambah stamina dan vitalitas. Campur teh daun kopi dengan telur dan madu.
Nah, apakah Anda tertarik mencobanya?