Manfaat Jahe yang Jarang Diketahui


loading...
loading...

Sebagian besar orang pasti mengetahui bahwa jahe merupakan salah satu bumbu rempah yang dapat menambah kelezatan masakan. Jahe memang cocok ditambahkan ke dalam sup atau minuman hangat yang disajikan saat cuaca dingin. Sup dengan tambahan jahe juga sangat baik untuk penderita demam dan influenza. Namun sebenarnya jahe memiliki segudang manfaat luar biasa bagi kecantikan seseorang. Berikut ini merupakan beberapa manfaat jahe untuk kecantikan.

Memperlambat Tanda Penuaan pada Kulit
Jahe dapat memerangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Tanda-tanda penuaaan pada kulit dapat diakibatkan oleh berbagai macam sebab. Mulai dari pola makan yang tidak sehat, misalnya jarang mengonsumsi sayur dan buah. Atau pola hidup yang tidak seimbang seperti banyak makan dan sedikit bergerak. Sinar matahari juga dapat memicu timbulnya flek dan keriput pada kulit.

Jahe merupakan kunci untuk mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit. Tambahkan asupan jahe pada masakan setiap harinya. Jahe merupakan super food yang mengandung banyak anti oksidan untuk mengurangi toksin pada tubuh. Jahe dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kemunculan tanda-tanda penuaan pada kulit.

Mengobati Jerawat
Jahe tidak hanya baik untuk memperlambat dan mengurangi tanda penuaan pada kulit. Jahe mengandung antiseptik yang sangat kuat yang bersifat membersihkan sehingga dapat mengurangu jerawat. Antiseptik pada jahe akan membunuh bakteri yang ada di permukaan kulit dan di dalam pori-pori kulit. Jahe merupakan solusi aman dan alami untuk membasmi jerawat dan untuk mendapatkan kulit yang halus berseri.

Memperkuat Akar Rambut dan Mengurangi Kerontokan
Jahe membuat akar rambut menjadi lebih kuat dan kokoh. Jahe mampu meningkatkan sirkulasi darah yang ada di kulit kepala seseorang. Jahe juga bisa membuat rambut berkilau dan bersinar alami. Manfaat ajaib lainnya untuk rambut adalah jahe mampu membasmi ketombe rambut yang membendel. Ketombe bisa membuat akar rambut rapuh jika dibiarkan terus menerus. Cara membuat ramuan jahe ini adalah, tumbuk beberapa ruas jahe. Lalu tambahkan dengan sedikit air dan oleskan pada kulit kepala dan helai rambut. Lakukan hal ini sebelum keramas.

Mengobati Kulit yang Terbakar
Paparan sinar matahari langsung pada kulit akan merusak kecantikan dan kesehatan kulit. Terlebih jika seseorang tidak rajin menggunakan sun block dengan SPF yang cukup untuk proteksi kulit. Biasanya akan timbul kulit yang ber-flek, iritasi, atau bahkan berwarna merah dan perih. Jahe merupakan solusi alami dan aman untuk mengatasi hal ini. Buat masker jahe dengan cara menghaluskan beberapa ruas jahe. Kemudian campurkan minyak zaitun atau minyak kelapa dengan jahe yang sudah dihaluskan tadi. Aplikasikan campuran ini pada kulit yang terbakar matahari. Diamkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air dingin.