ANEKA MANFAAT Daun Jarak Untuk Kesehatan


loading...
loading...

Jarak adalah suatu jenis tanaman liar yang bisa Anda jadikan tanaman apotek hidup, karena kandungannya yang sangat berguna untuk kesehatan. Anda dapat memanfaatkan berbagai bagiannya, seperti biji buah atau daunnya. Penasaran apa saja manfaat daun jarak?

1. Mengusir Kurap

Kurap adalah salah satu penyakit kulit yang pastinya sangat mengganggu jika terjadi pada kulit Anda. Kurap memang tidak membuat rasa sakit, namun dapat merusak penampilan kulit. Nah, jika Anda menderita kurap dan sudah mencoba berbagai cara dengan obat, kini Anda bisa mencoba cara alami dengan daun jarak. Kandungan asam undesilenat pada daun jarak dapat tuntas mengatasi kurap pada kulit. Caranya, rendam daun jarak secukupnya di dalam minyak kelapa hingga beberapa jam, lalu panaskan daun jarak yang sudah direndam. Setelah itu, tempelkan pada bagian kulit yang terkena kurap lalu tutup menggunakan kain katun. Biarkan selama semalam.

2. Menurunkan Demam

Manfaat daun jarak salah satunya adalah untuk menurunkan demam. Demam dapat terjadi karena berbagai hal, namun salah satunya karena kelelahan dan masuknya bakteri jahat ke dalam tubuh. Nah, untuk mengatasi demam di rumah, Anda tidak perlu jauh-jauh ke apotek membeli obat. Anda hanya perlu ke pekarangan rumah dan ambil beberapa lembar daun jarak sejumlah 2 atau 3 lembar. Setelah itu, olesi daun jarak dengan minyak makan yang masih baru atau yang belum digunakan. Setelah itu, panaskan daun jarak yang sudah dilumuri minyak di atas kompor selama kurang lebih 2 menit hingga panasnya merata ke seluruh permukaan daun. Tunggu hingga menjadi cukup hangat untuk ditempelkan pada perut serta punggung penderita demam.

3. Mengatasi Keputihan Lidah Bayi

Bayi yang sedang menyusui pada umumnya mengalami keputihan yang menempel pada bagian lidah. Hal ini disebabkan karena sisa air susu ibu saat menyusui. Jika sudah mengalami keputihan pada lidah, bayi cenderung akan enggan untuk menyusui sehingga dapat berpengaruh dalam perkembangannya. Nah, untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan salah satu manfaat daun jarak, tepatnya dengan memanfaatkan getah daunnya. Anda bisa memperoleh getah daun jarak dari daun yang baru dipetik dari tangkai, nantinya getah akan keluar dari tangkai daun jarak. Oleskan getah daun jarak yang sudah Anda kumpulkan tadi pada lidah bayi Anda, nantinya keputihan pada lidah akan keluar bersama air liur bayi.

4. Mengatasi Sakit Gigi


Sakit gigi memang sangat menyakitkan! Selain kurang nyaman saat makan, sakit gigi akan terus terasa seharian. Nah, untuk mengatasi sakit gigi yang mengganggu, Anda bisa menggunakan manfaat daun jarak. Hal ini dikarenakan kandungan pada daun jarak, khususnya getah daun, yang bersifat anti mikroba sehingga bisa melawan beberapa bakteri seperti streptococcus, staphylococcus, atau E. Coli. Nah, sifat anti mikroba ini dapat mengusir bakteri yang sedang berkembang di gigi Anda yang menyebabkan sakit gigi tersebut. Caranya sama seperti tips sebelumnya, yaitu oleskan getah daun jarak pada bagian gigi yang sakit dengan menggunakan kapas.

5. Mengatasi Pendarahan dan Luka

Kandungan pada getah daun jarak yang memiliki sifat anti mikroba, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya ternyata memiliki manfaat lain. Salah satunya adalah untuk mengatasi terjadinya pendarahan serta luka pada kulit. Getah daun jarak yang bersifat anti mikroba berperan layaknya bethadine alami untuk menghentikan pendarahan serta mengobati luka. Caranya, siapkan 2 sdt minyak jarak pagar, 1/4 sdt belerang, sejari tangan cendana atau kayu secang, dan 2 sdm vaseline. Panaskan semua bahan tersebut hingga merata, lalu dinginkan sebentar hingga cukup dingin untuk dioleskan pada bagian kulit yang terkena luka.

Nah, itu dia beberapa manfaat daun jarak untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan Anda di rumah. Yuk, menanam tanaman jarak di pekarangan rumah!