Ini Alasannya Kenapa anda harus makan mentimun setelah menyantap Sate


loading...
loading...

Salah satu makanan khas indonesia adalah sate. Sate disukai oleh banyak orang karena memiliki rasa dan wangi masakan yang khas. Selain penduduk asli indonesia, para pendatang dari luar negeripun sudah banyak yang menyukai jenis kuliner ini. Namun di balik rasa enaknya, ternyata memakan sate memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Dampak yang kurang baik itu di timbulkan dari zat arang hasil pembakaran. Ketika kita makan sate, sebetulnya ikut juga karbon dari hasil pembakaran arang yang dapat menyebabkan kanker dan mengakibatkan sel-sel pada otak tidak berkembang dan pada akhirnya bisa membuat anda susah berkonsentrasi. Ini terjadi karena sate mengandung zat Karsinogen (penyebab kanker) tetapi mentimun ternyata mengandung zat anti Karsinogen. Maka dari itu hal inilah menjadii awal penjelasan alasan kenapa harus makan mentimun setelah makan sate.


Buah mentimun memiliki nama latin Cucumis sativis L. ini mengandung saponin, enzim proteolitik, glutation. Didalam menTimun terdapat 35.100 - 486.700 ppm asam linoleat.

Asam linoleat termasuk asam lemak esensial yang terdapat dalam lemak nabati maupun hewani. Bentuk asam lemak linoleat terkonyugasi (conjugated linoleic acid = CLA) dikatakan bersifat antikanker. Dari sumber elektronik diketahui bahwa biji mentimun mengandung CLA. CLA bersifat antioksidan, yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Hasil penelitian yang dilakukan di Food Research Institut, Departement of Food Microbiology, University of Winconsin-Madison menyatakan, CLA dapat menghambat terjadinya karsinogenesis dan aterosklerosis dan mengurangi lemak tubuh.

Pada prinsipnya suatu antioksidan dapat bekerja sebagai antikarsinogenik dengan cara menurunkan tingkat stres oksidatif. Stres oksidatif adalah keadaan di mana radikal bebas oksigen dibentuk dalam jumlah sangat banyak sehingga tubuh tidak mampu lagi meniadakan efeknya dan timbul kerusakan jaringan.

Nah Sahabat Sehat Itu Harus, karena mentimun beserta bijinya kaya akan senyawa antioksidan, maka ia bisa berperan dalam menangkal terjadinya penyakit kanker atau penyakit degeneratif. Jadi, makanlah mentimun setelah Anda menyantap seporsi sate.

Sebarkan informasi ini kepada teman temanmu.