Sunday, August 2, 2015

6 Jenis buah dan sayur ini justru bisa jadi racun bagi tubuh

Loading...
Loading...

Buah dan sayur merupakan jenis makanan sehat yang terbaik. Kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Itulah sebabnya banyak ahli kesehatan yang menyarankan Anda agar mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur.

Namun bagaimana jadinya jika buah dan sayur justru berpotensi jadi racun bagi tubuh? Dilansir dari healthmeupdotcom dan merdekadotcom, berikut adalah jenis buah dan sayur yang mampu menurunkan kesehatan tubuh Anda.

Kentang hijau



Kentang merupakan sumber karbohidrat yang sehat. Namun Anda harus menahan diri untuk makan kentang telah berubah warna menjadi hijau. Sebab hal ini berarti bahwa kentang terkena sinar matahari yang terlalu lama yang kemudian menimbulkan munculnya solanin atau glycoalkaloid yang bisa menyebabkan sakit kepala, mual, lemas, dan masalah pencernaan. menurut spesialis racun di Nebraska Regional Poison Center, Joan McVoy, R.N., beberapa kentang berpotensi beracun

"Tanda-tanda solanin adalah warna kehijauan di bawah kulit kentang. Kentang yang beracun juga akan ditumbuhi kecambah kecil,"

Agar aman, Joan menyarankan untuk mengupas kentang agak dalam untuk menghilangkan lapisan hijau agar benar-benar aman untuk dikonsumsi.

Jika Anda khawatir, buang kentang yang menghijau dan selalu menyimpan kentang Anda di tempat yang lembap dan jauh dari cahaya

Jamur liar



Jamur memang memiliki nilai gizi yang tinggi. Namun perhatikan jenis jamur yang akan Anda konsumsi. Jangan mengonsumsi jamur liar atau yang jenisnya tidak Anda ketahui sebab mampu membuat Anda keracunan.

Singkong



Singkong adalah umbi-umbian yang sarat kalori, mineral, serta serat. Namun jangan pernah mengonsumsi singkong yang masih mentah sebab mampu jadi racun bagi tubuh karena adanya glikosida sianogen di dalamnya. Sehingga penting bagi Anda untuk selalu merendam, mencuci, dan mengeringkan singkong terlebih dahulu sebab dapat menghilangkan racunnya.

Pala



Secara umum, pala bermanfaat sebagai obat alami untuk kesehatan Anda. Namun mengonsumsi pala dengan jumlah tinggi mampu membahayakan kesehatan Anda. Sebab pala mengandung myristicine, zat yang dapat menyebabkan muntah, pusing, halusinasi, dan sakit kepala.

Tomat



Tomat memang bermanfaat untuk mencegah kanker sebab kaya akan zat antioksidan. Tidak banyak yang tahu bahwa tomat mengandung atropin, zat beracun yang menyebabkan pusing, sakit kepala, dan sakit perut.

Woww, ternyata tomat mengandung atropin atau solanin atau biasa disebut gikoalkoloid. Racun ini biasanya lebih banyak terdapat pada tomat yang masih hijau dan masih belum begitu matang.

Efek Keracunan

Biasanya bila keracunan gikoalkoloid penderita akan mengalami keletihan, pendarahan pada sistem cerna, menggigil, sakit kepala atau migran, kelumpuhan, dan yang paling parah adalah kematian. Racun ini bisa dimatikan dengan cara tomat di masak hingga benar – benar matang dan siap untuk di santap.

Ceri



Bila bijinya tak sengaja tertelan dan hancur di mulut, maka biji tersebut akan mengeluarkan zat hidrogen sianida.

Hidrogen Sianida

Zat hidrogen sianida pada cheri dapat menyebabkan Anda pusing berat, muntah – mutah, dan sakit perut. Bahkan bila keracunan zat hidrogen sianida dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan penyakit ginjal. Sebaiknya bila Anda memakan buah cheri, maka buang dahulu bijinya.

Jika ada gejala keracunan buah ini, ada baiknya anda segera memeriksakan ke dokter atau minimal konsumsi air putih dalam jumlah yang banyak.

Jangan tertipu dengan bentuknya yang indah. Sebab ceri mengandung glikosida sianogen, terutama dalam biji mereka, yang melepaskan sianida saat dikunyah. Oleh karena itu konsumsi dengan jumlah yang seperlunya saja.

Tidak banyak yang tahu bahwa makanan sehat di atas mampu membahayakan kesehatan Anda karena kandungan racun terselubung di dalamnya. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam mengonsumsinya.

Dari Berbagai Sumber

Loading...
Back To Top