Daun Jinten Herbal Alami untuk Atasi Masalah Sariawan


loading...
loading...

Daun Jinten/Jintan merupakan solusi obat alami murah yang efektif untuk menyembuhkan sariawan.

Obat herbal yang dipercaya masyarakat sebagai obat sariawan adalah daun sirih. Tetapu tidak banyak yang mengetahui bahwa obat alami yang ampuh untuk penyakit mulut tersebut adalah daun jinten (Plectranthus amboinicus sin. Coleus amboinicus).

Daun jinten memiliki sebutan berbeda di tiap daerah di tanah air. Di Jawa misalnya, daun ini sering disebut sebagi dau ajeran atau daun kucing), sementara di Sumatra dikenal dengan daun bangun bangun, hati hati, sukan dan tramun. Di bumi parahyangan disebut sebagai acerang sementara di Bali lebih populer dengan nama iwak, dan di Madura dikenal sebagai maja nereng.


Menurut Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Indah Yuning Prapti, daun jinten ini saat dikunyah, maka efeknya seperti diobati dengan Albothyl luka sariawan menjadi kebas. Rasa sakitnya akan berkurang secara drastis.

Daun jinten sendiri diketahui mengandung minyak atsiri, fenol, dan senyawa kalium. Selain berkhasiat untuk mengobati sariawan, penelitian lainnya mengungkap bahwa daun yang tumbuh menjalar ini mampu menetralkan dan membersihkan darah, obat herbal untuk batuk serta melancarkan asi untuk ibu menyusui.


Indah mengkampanyekan untuk menanam tumbuhan yang bisa dijadikan obat herbal seperti dain jinten ini. Hal ini merupakan salah usaha secara preventif agar tubuh tidak mudah sakit.

Sumber : Vauzee.com