Aneka Resep Herbal untuk Mengatasi Keluhan Penyakit Ringan


loading...
loading...

Pandangan masyarakat kita tentang pengobatan herbal memang mencakup spectrum yang luas. Ada yang bilang efek suggestif, ada yang bilang food supplement dan lain-lain, para pengritik memiliki latar belakang yang bervariasi termasuk para dokter. Para dokter yang mengkritik umumnya adalah yang belum pernah belajar obat herbal. Opini juga dibangun oleh sekelompok orang yang bersikap sinis karena merasa terancam dengan berkembangnya obat herbal. Padahal sejak awal dunia kedokteran menggunakan obat herbal dalam pengobatan, baru pada abad ke-12 obat kimia sintetik dikembangkan. Saya sampaikan kepada setiap orang yang enggan belajar khasiat obat herbal, sebaiknya anda segera belajar karena kecenderungan masyarakat modern kembali ke herbal saat ini sudah sangat kuat, jika tidak anda akan ketinggalan. Jadi obat herbal/jamu itu bukan sekedar food supplement melainkan obat yang berkhasiat, begitu pula anggapan bahwa herbal hanya cocok untuk penyakit kronis adalah salah, justeru masyarakat harus mengerti bahwa obat herbal adalah harapan baru bagi masyarakat yang berkeinginan mengobati penyakit ringan dengan cara mudah namun aman. Pengetahuan masyarakat tentang herbal yang sangat kurang, telah menyebabkan masyarakat kita jika sakit berobat dengan cara konvensional yang makin hari makin mahal dan secara keseluruhan menyumbang inflasi biaya kesehatan. Pengetahuan tentang cara hidup alami yang baik akan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam mengatasi problem kesehatannya. Dalam kesempatan ini saya sampaikan beberapa resep pengobatan herbal untuk keluhan ringan sbb.:


1. Batuk

30 gram bawang putih, kupas, lumatkan + 25 gram gula batu + 1 gelas air matang, diamkan selama 5 jam, lalu saring, 1X sehari @ 1 sendok makan.

2. Asma

1 batang rimpang alang-alang dan 1/2 jari rimpang kencur dipotong tipis-tipis + 5 lembar daun sirih yang sudah ditumbuk + 1 gelas air, dimasak hingga air tinggal ½ gelas + 1 sendok makan madu + 1 sendok teh air jeruk nipis, aduk hingga rata, minum sebelum tidur, sebanyak 1/2 gelas.

3. Demam

3 buah umbi bawang merah dipotong tipis-tipis + 2 sendok makan minyak kelapa + ½ sendok makan minyak kayu putih + 1 buah jeruk nipis, diperas. diaduk rata, Gosokkan pada ketiak, perut, dan kepala, lakukan sebagai kompres, sampai panas turun. untuk membersihkan sisa-sisa, lakukan dengan dilap memakai air hangat .

4. Pilek

5 jari rimpang jahe + 5 buah bawang merah + 5 buah bawang putih, potong kecil-kecil + 2 gelas air, masak hingga air tinggal separuhnya, dinginkan, saring. Minum 2 X sehari @ 1/2 gelas.

5. Muntah dan Diare

3 sendok teh adas dihaluskan + 5 lembar daun jambu biji yang dipotong kecil-kecil + 10 cm kulit batang pulasari, tambahkan 3 gelas air, masak hingga air tinggal separuhnya, dinginkan, saring, diminum 3 X sehari @ ½ gelas . Boleh tambahkan madu tiap akan minum 1 sendok makan.

Demikianlah contoh-contoh, masih banyak lagi contoh ramuan yang tentu saja tidak mungkin semuanya dibahas dalam kesempatan ini, mungkin diwaktu lain kita akan menambah lagi. Semoga bermanfaat. wassalam wr.wb.

Sumber : best-herbal
ditulis Oleh dr. Mohammad Ali Toha Assegaf