TERLAMBAT Haid? Coba Ketahui Apa Saja Faktor Faktor Penyebabnya


loading...
loading...

Untuk sebagian wanita yang telah mendapat haid, mungkin pernah mengalami terlambatnya datang haid selama beberapa siklus haid, bahkan ada yang mengalami lebih dari enam bulan tidak mendapat haid sama sekali padahal sebelumnya mengalami haid yang teratur.


Faktor Hormonal

Jika mengalami hal tersebut Anda tidak perlu panik. Banyak hal yang dapat menyebabkan tidak keluarnya darah haid pada waktunya. Salah satu contohnya adalah ketidakstabilan hormon. Pada remaja-remaja yang baru mendapat haid, kelenjar di otak yang mengatur keluarnya hormon yang mempengaruhi haid belum stabil, sehingga keluarnya darah haid belum teratur.

Faktor Kegemukan

Selain itu dapat pula disebabkan oleh kegemukan. Pada wanita gemuk, jumlah lemak dalam tubuhnya akan lebih besar daripada wanita tidak gemuk, dan lemak inilah yang akan digunakan untuk membentuk horrmon reproduksi tersebut.  Sehingga secara tidak langsung kegemukan akan berpengaruh terhadap pola siklus haid.

Faktor Stres

Stres yang dialami seorang wanita juga dapat menyebabkan tidak keluarnya darah haid. Pada saat seseorang stres, otaknya akan mengirim impuls kimia yang akan menghambat hormon reproduksi tersebut sehingga dapat pula mempengaruhi pola haid Anda.

Kehamilan

Selain itu, tentunya kehamilan juga dapat menyebabkan keterlambatan haid. Untuk itu perlu diingat kapan terakhir kali Anda haid dan kapan terakhir kali Anda berhubungan dengan pasangan tanpa menggunakan pengaman.

Untuk mengetahui secara pasti penyebab Anda tidak haid maka perlu memeriksakan diri anda ke dokter supaya dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut baik itu USG ataupun pemeriksaan hormon. Hal ini supaya dapat diketahui secara pasti penyebab keterlambatan haid Anda murni karena hormon atau ada penyakit lain yang mendasari.

Oleh: dr. Adithia Kwee