TAUKAH Anda, Warna Warni Makanan ini bisa bikin Panjang Umur?


loading...
loading...

Siapa yang tidak ingin memiliki umur yang panjang dengan kondisi kesehatan yang selalu terjaga? Semua orang termasuk Anda pasti menginginkannya. Sebab, kesehatan merupakan modal utama bagi Anda untuk selalu mendukung kelancaran semua aktivitas. Dengan memiliki tubuh yang sehat, Anda pun pasti akan lebih menikmati hidup Anda.

Makanan menjadi faktor utama dalam penentu kesehatan tubuh Anda. Jika Anda sering mengonsumsi makanan berlemak, bergaram, dan berzat pengawet tinggi maka kesehatan tubuh Anda akan terancam. Sebaliknya, jika Anda memenuhi menu makanan Anda dengan beraneka ragam makanan sehat maka kesehatan tubuh Anda pun akan terjaga.


Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah beragam jenis makanan berwarna-warni yang mampu menyehatkan tubuh.

1. Merah

Makanan: tomat, paprika merah, jambu biji, stroberi, apel, ceri, buah bit, buah delima, cranberry, semangka, dan jeruk bali.

Nutrisi: lycopene, vitamin A (beta karoten), vitamin C, mangan, dan quercetin.

Manfaat kesehatan: mengurangi risiko kanker terutama kanker prostat dan kanker payudara, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, serta melindungi kesehatan jantung dan mencegah peradangan jantung.

2. Oranye

Makanan: wortel, jeruk, mangga, pepaya, aprikot, ubi jalar, labu, melon, dan buah persik.

Nutrisi: beta-cryptoxanthin, beta-karoten, omega-3, zeaxanthin, flavonoid, likopen, kalium, vitamin B dan C.

Manfaat kesehatan: meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat kulit awet muda, melindungi kesehatan mata, menurunkan risiko kanker, mengurangi kadar keasaman tubuh, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta menguatkan persendian.

3. Kuning

Makanan: pisang, nanas, melon, paprika kuning, mangga, dan labu kuning.

Nutrisi: mangan, magnesium, kalium, karotenoid, bioflavonoid, Vitamin A, B dan C.

Manfaat kesehatan: meningkatkan kesehatan pencernaan, mengurangi kram otot, mempertajam penglihatan, membuat kulit lebih sehat, menguatkan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh, serta menguatkan jantung.

4. Hijau

Makanan: brokoli, bayam, asparagus, kacang polong, selada, anggur, alpukat, dan kiwi

Nutrisi: klorofil, lutein, zeaxanthin, kalsium, folat, kalsium, vitamin A dan C.

Manfaat kesehatan: meningkatkan kesehatan reproduksi, menurunkan risiko bayi lahir prematur, meningkatkan kesehatan pencernaan, menguatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, mempertajam penglihatan, dan menurunkan risiko kanker.

5. Ungu

Makanan: blueberry, plum, anggur, kismis, kubis ungu, dan blackberry

Nutrisi: zat antioksidan, lutein, zeaxanthin, resveratrol, antosianin, vitamin C, flavonoid, asam ellagic, dan quercetin.

Manfaat kesehatan: mempercantik kulit, menghambat pertumbuhan tumor, mengurangi peradangan, menyerap mineral lebih maksimal, meningkatkan kesehatan pencernaan, menurunkan kolesterol, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung, dan menjaga kesehatan mata.

6. Putih

Makanan: bawang putih, bawang bombay, kembang kol, dan jamur

Nutrisi: flavanoids, allicin, beta-glukan, EGCG, SDG, lignan, folat, Vitamin C dan K.

Manfaat kesehatan: meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker payudara, menyeimbangkan hormon, melindungi tubuh dari radikal bebas, menurunkan kolesterol, dan memperkuat jantung.

Siapa bilang makanan sehat tidak menarik? Buktinya makanan sehat di atas memiliki warna yang memanjakan mata. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi makanan sehat bukan?