Jarang yang tau Ternyata Alpukat punya Manfaat Luar biasa buat Rambut kamu loh!

Posted on
Salah satu aset yang penting bagi seorang wanita adalah rambut, ya seringkali rambut disebut sebagai mahkota bagi para wanita. Dengan memiliki rambut yang indah dan sehat terawat tentunya pemilik aset ini akan merasa bangga bukan. Untuk itu perlunya kita para wanita untuk menjaga dan merawat kesehatan mahkota kita tersebut.

Cara yang dapat dilakukan untuk merawat rambut sangatlah beragam mulai dari menjaga kebersihannya dengan keramas, memakai masker atau vitamin rambut bahkan sampai melakukan perawatan di salon. Dalam produk pemilihannya pun ada dengan produk yang dijual di pasaran dan dengan bahan alami.

Loading...

Bahan yang dijual dipasaran kebanyakan mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan rambut akibat rambut sering disisir. Rambut yang terlalu sering terkena bahan kimia akan membuat rambut menjadi rusak. Namun kita tidak perlu khawatir karena masih banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk proses perawatan rambut kita. Salah satunya merawat rambut menggunakan alpukat.

Khasiat buah alpukat untuk rambut

Alpukat merupakan salah satu jenis buah buahan lokal khas Indonesia yang sangat mudah dijumpai dimana saja. Buah alpukat memiliki kulit luar berwarna hijau dan daging buahnya berwarna kekuningan, tekstur dari buah alpukat sendiri lembut namun tidak gampang hancur.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung buah alpukat biasanya juga dapat diolah menjadi beragam olahan lezat rambut patah setelah smoothing. Mulai dari olahan minuman atau makanan bahkan ada pula yang menambahkannya kedalam masakan. Namun selain untuk dikonsumsi buah alpukat kandungan dalam buah alpukat dipercaya baik untuk kesehatan rambut.

Kandungan  kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, air, serta serat yang terkandung dalam buah alpukat memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan rambut. Berikut ini beberapa ulasan khasiat alpukat untuk kesehatan rambut:

Memperkuat akar rambut

Alpukat memiliki kandungan zat besi, vitamin dan fosfor yang mana kandungan tersebut juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut kita salah satunya adalah untuk memperkuat akar rambut. Bagi kita yang memiliki rambut yang rapuh juga akan mengakibatkan kerontokan. Namun kita tidak perlu khawatir lagi karena dengan merawat rambut menggunakan buah alpukat akar rambut kita akan semakin kuat dan rambut tidak akan mudah rapuh.

Mencegah kerontokan

Terkait dengan alasan yang sebelumnya karena akar rambut yang rapuh dpaat menyebabkan kerontokan efek rambut basah dicatok. Sebenarnya bukan hanya karena faktor akar rambut, kerontokan bisa juga terjadi karena struktur rambut yang gampang patah. Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah kerontokan rambut adalah dengan menggunakan alpukat secara rutin sebagai perawatan alami untuk rambut sehingga dapat juga mengurangi resiko terjadinya masalah rambut yang lain.

Melembapkan rambut

Rambut yang kusut seringkali menjadi masalah yang menjengkelkan. Biasanya rambut kusut terjadi dikarenakan rambut kita sering terpapar sinar matahari sehingga kelembapannya akan berkurang. Kandungan vitamin dan lemak tak jenuh yang terdapat dalam buah alpukat dapat menjadikan rambut lebih lembap dan akan mengembalikan kelembapan alami rambut kita.

Meransang pertumbuhan rambut

Tingginya kandungan kalsium dan fosfor yang terkandung dalam buah alpukat ini menjadi salah satu faktor yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah rambut yang memiliki pertumbuhan yang relatif lambat. Kalsium dan fosfor akan meresap ke dalam kulit kepala kita sehingga dapat meransang pertumbuhan rambut secara langsung makanan untuk menguatkan akar rambut. Untuk itu gunakan buah alpukat secara rutin apabila kita menginginkan pertumbuhan rambut yang cepat dan efektif.

Membuat rambut tampak berkilau

Rambut yang berkilau tentunya akan mendukung penampilan kita dan kita juga akan semakin percaya diri jika rambut kita tampak berkilau dan sehat. Salah satu kandungan yang ada pada buah alpukat dapat membantu mewujudkan keinginan kita memiliki rambut yang berkilau makanan yang mempercepat pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin alami dalam buah alpukat akan membantu rambut kita senantiasa berkilau dan sehat alami.

Mencegah rambut kering

Rambut kering terjadi karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari selain itu AC yang ada pada ruangan juga dapat berpengaruh untuk membuat rambut kita menjadi kering. Untuk itu perlunya kita untuk melakukan perawatan pada rambut kita yang kering. Salah satu cara merawat rambut kering adalah menggunakan buah alpukat. Kandungan vitamin, lemak serta mineral yang ada didalamnya akan membantu rambut kita mendapatkan kembali kelembapan alaminya sehingga masalah rambut kering akan dapat teratasi dengan mudah.

Nah itu dia beberapa ulasan mengenai manfaat yang terkandung dalam buah alpukat untuk kesehatan rambut kita. Karena buah alpukat merupakan bahan yang alami maka kita tidak perlu ragu dalam penggunaannya karena tidak akan menimbulkan efek samping dan akan minim resiko penggunaannya dibandingkan dengan menggunakan produk yang dijual dipasaran.

Untuk cara pengolahannya sendiri cukuplah mudah hanya dengan menyiapkan satu buah alpukat yang sudah matang. Ambil daging buah alpukat dan campurkan dengan 1-2 sendok teh minyak zaitun. Basahi rambut terlebih dahulu lalu gunakan campuran bahan tersebut sebagai masker, diamkan selama 20-30 menit baru bilas menggunakan air bersih. Gunakan masker ini secara rutin 1-2 kali dalam seminggu. Selamat mencoba.

Loading...