in

Cara Atasi Asma dengan Bahan Alami yang Ampuh dan Aman bagi Kesehatan

Asma adalah penyakit pernapasan kronis yang menyebabkan saluran udara meradang dan menyempit. Akibatnya, Anda akan lebih sulit untuk mengirup dan mengembuskan napas. Meski tidak bisa disembuhkan, gejala asma dapat diredakan dengan obat tradisional bahkan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur.

Penasaran apa saja obat asma herbal atau alami yang bisa digunakan? Simak baik-baik ulasan lengkapnya berikut ini.

Berikut beberapa pilihan obat asma tradisional dari bahan alami yang mungkin berguna untuk Anda.

  1. Jahe

Khasiat jahe untuk kesehatan tubuh sudah diakui sejak zaman dulu, termasuk sebagai obat asma herbal atau alami.

Cara kerja jahe untuk meredakan asma sebetulnya belum diketahui secara pasti. Namun, para ahli menduga bahwa jahe dapat membantu mengurangi respons alergi dengan menurunkan menurunkan kadar IgE dalam tubuh.

Advertisement

IgE atau imunoglobulin E merupakan antibodi yang dihasilkan sistem imun untuk melawan zat yang diduga dapat mengancam tubuh. Ketika terjadi reaksi alergi, tubuh akan menghasilkan IgE lebih banyak.

Gejala asma sendiri erat kaitannya dengan reaksi alergi. Ketika kadar IgE menurun, reaksi alergi yang muncul juga perlahan-lahan akan berkurang. Alhasil, gejala asma Anda bisa lebih dikendalikan dan jarang kambuh.

Penelitian lain juga melaporkan bahwa jahe dapat membantu mengurangi peradangan dan melebarkan saluran pernapasan. Efek alami dari jahe ini ditemukan sama seperti efek beberapa obat asma.

Ada banyak cara mengolah jahe sebagai obat herbal asma atau alami, di antaranya membuat jus dari campuran buah delima, satu ruas jahe ukuran kecil, dan satu sendok makan madu. Minum 1 sendok makan campuran ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Anda juga dapat membuat air wedang jahe. Caranya mudah, masukkan satu ruas jahe yang sudah digeprek atau dipotong kecil-kecil ke dalam panci air mendidih. Tambahkan gula merah untuk mengurangi rasa pedas yang dihasilkan dari jahe. Biarkan selama 5 menit, tunggu hingga dingin dan minum.

Kerepotan mempersiapkan ini-itu untuk mengolah jahe? Tenang, Anda juga bisa mengonsumsinya mentah-mentah bersama dengan garam.

Meski dapat meredakan gejala asma, Anda sebaiknya menghindari minum jahe bersamaan dengan jadwal minum obat asma. Hal ini bertujuan untuk mencegah efek samping atau interaksi tertentu yang mungkin terjadi antara air jahe dengan obat asma.

Advertisement
  1. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antiradang yang berguna sebagai obat herbal atau alami untuk meredakan gejala asma. Sifat antiradangnya dipercaya mampu mengurangi peradangan pada saluran napas akibat asma.

Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat bawang putih sebagai obat herbal untuk asma. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa bawang putih manjur untuk pengobatan asma jangka panjang.

Bila ingin mencoba, Anda cukup didihkan 2-3 siung bawang putih ke dalam 1,5 cangkir susu. Biarkan hingga dingin, lalu minum.

Jika tidak menyukai aromanya yang menyengat, Anda bisa mencampurkannya ke dalam makanan, seperti sup hangat. Uap sup sekaligus membantu saluran pernapasan menjadi lebih relaks dan mengencerkan lendir.

  1. Bawang merah

Selain bawang putih, Anda juga bisa memanfaatkan bawang merah sebagai cara lain untuk mengobati gejala asma secara alami. Pasalnya, bawang merah diketahui mengandung antioksidan tinggi, yang termasuk vitamin C, sulfur, serta quercetin dan anthocyanin cyanidin.

Sebuah penelitian tahun 2015 yang dimuat dalam DARU Journal of Pharmaceutical Sciences menyebutkan bahwa semua jenis antioksidan ini saling bekerja sama mengurangi efek peradangan dalam tubuh. Efek ini diketahui dapat membantu melebarkan bronkus.

Selain itu, kandungan antiradang, antioksidan, antibakteri, dan antivirus dari bawang merah juga diketahui mampu membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik dalam melawan infeksi yang berhubungan dengan masalah paru-paru dan pernapasan.

Salah satu jenis senyawa antiradang terbaik yang juga ditemukan dalam bawang merah, yaitu thiosulphinate. Senyawa ini bahkan dilaporkan sangat efektif untuk mengurangi peradangan pada saluran pernapasan akibat serangan asma.

Advertisement
  1. Madu

Selain untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk, madu pun bisa dijadikan sebagai obat asma herbal atau alami. Kandungan antioksidan yang berlimpah dalam madu diyakini dapat membantu melawan peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh penderita asma.

Anda bisa mencampur 1 sendok teh madu ke dalam segelas air hangat dan meminumnya setidaknya tiga kali sehari. Guna menambah cita rasa, Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis, lemon, atau sejumput kayu manis.

Ketiga bahan ini diketahui dapat membantu mengencerkan dahak di tenggorokan sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh.